Kamis, 21 Juli 2016

Merawat Jaket Kulit Dengan Bahan Alami

Merawat Jaket Kulit Dengan Bahan Alami



Suami saya punya beberapa koleksi model jaket. Mulai dari bahan kain, jersey, sampai berbahan kulit asli. Bisa dibilang pergi-pergi selalu pakai jaket. Apalagi kalau naik motor. Sebagai pelindung juga sih selain helm dan sarung tangan. Ga cuman itu kalau traveling ke luar negeri nyempet-nyempetin beli jaket di sana.
    Karena itu bisa dibilang hampir semua jaketnya menjadi jaket kesayangan. Merawatnyapun jadi hati-hati banget.
Kalau jaket biasa perawatannya lebih sederhana. Direndam sebentar dengan cairan sabun cuci terus di kucek sebentar dan bilas sampai bersih. Terus dijemur di bawah sinar matahari langsung juga ga masalah.
Nah yang susah itu kalau dapat giliran membersihkan jaket kulit. Kalau salah treatment bisa-bisa bukannya bersih tapi bahan kulitnya mengelupas. Duh jangan sampai. Ga tega liat harganya soalnya. Wkwkwk. Dasar emak-emak.
Dulu biasanya kalau kotor banget saya lambaikan bendera putih aka menyerah. Mending diantar ke laundry yang khusus bisa mencuci bahan-bahan kulit. Tapi kalau jaket kulitnya ga kotor-kotor amat bisa lo di bersihkan sendiri.
Saya dapat saran dari seorang pengrajin bahan kulit bahwa minyak kelapa atau minyak zaitun bisa digunakan sebagai pelembab untuk bahan-bahan kulit juga. Karena biasanya yang merusak bahan kulit dan membuat kulitnya pecah-pecah adalah sisa sabun atau detergen. Kebetulan di Bantul dekat rumah saya ada sebuah daerah pengrajin bahan-bahan kulit sapi asli. Namanya daerah Manding. Nah kalau ke sana saya suka tanya-tanya tips merawat barang-barang berbahan kulit asli langsung dari pengrajinnya.
Nah, cobain yuk tips dari saya ini
1. Sediakan sabun cuci untuk bahan halus atau samphoo bayi.
2. Kain bersih.
3. Air bersih
4. Minyak kelapa atau minyak zaitun

Caranya:
• Basahi kain bersih dengan air lalu beri cairan dari campuran air dan bahan sabun diatas.

• Gosokkan dengan lembut kain basah pada noda di jaket kulut. Ikuti arah serat kain.
• Angkat bekas sabun dengan kain basah bersih. Ulangi beberapa kali sampai noda hilang
• Jemur jaket kulit dengan diangin-anginkan saja.
• Untuk menjaga kelembabannya setelah jaket kulit kering sempurna. Oleskan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun secara merata pada permukaan jaket kulit. Angin-anginkan sebentar baru.  Disimpan ditempat kering.


Minyak kelapa atau minyak zaitun membantu menjaga kelembaban bahan kulit sehingga tidak mudah retak-retak atau mengelupas.
         Nah, buat yang pengen nyari berbagai model jaket kulit bisa mampir disini nih. Lengkap dan banyak pilihan. Kalau sudah beli jangan lupa dirawat ya. 

2 komentar:

  1. oh bisa ya pakai minyak kelapa baru tahu, thank ya sips nya

    BalasHapus
  2. Terima kasih tips merawat jaket kulitnya gan, jaket kulit emang pantang untuk dicuci. udah gitu kalau pakai jaket kulit keliatan makin macho.heee... pernah ikut salah satu kursus online ada yang pakai jaket kulit sambil internetan.wakakak

    BalasHapus